Penyakit Degeneratif Dan Pencegahannya

Diposting Tuesday, September 25, 2012 at 16:00. dalam topik Kesehatan

Saat ini banyak sekali penyakit dengan berbagai faktor penyebabnya. Salah satunya adalah jenis penyakit degeneratif. Berbagai hasil penelitian modern melaporkan penyakit degeneratif dapat disebabkan karena proses penuaan atau bertambahnya usia seseorang. Selain itu, faktor keturunan pun berperan cukup besar.

penyakit degeneratif

Yang dimaksud dengan penyakit degeneratif adalah suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh, yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Kelompok penyakit ini, antara lain stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dan dislipidemia. Di Indonesia, saat ini, penyakit degeneratif mengancam masyarakat perkotaan. Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi.

Perubahan gaya hidup dapat dilihat secara jelas dengan munculnya tempat-tempat yang menawarkan fast food maupun junk food. Fast food adalah makanan cepat saji yang memiliki nilai gizi rendah, seperti burger, piza, dan fried chicken, sedangkan junk food adalah panganan yang memiliki sedikit kandungan nutrisi, semisal gorengan.

Kehadiran makanan-makanan tersebut tidak bisa lepas dari perkembangan pesat industri kuliner. Makanan tersebut hampir ada di pelbagai pusat perbelanjaan dan pusat jajan di kota-kota besar. Bahkan restoran jenis ini sudah mulai merambah kota-kota kecil.

Untuk mengubah gaya hidup seperti ini masyarakat harus disadarkan bahwa mengonsumsi fast food maupun junk food terialu sering bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bila mau sehat, konsumsilah makanan yang memiliki keseimbangan gizi, mengandung serat, dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk proses tumbah kembang.

Dengan kata lain, menu makanan sehat seyogyanya mengandung unsur gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh. Makanan sehat ini lebih dikenal dengan nama menu empat sehat lima sempurna. Untuk menghindari penyakit degeneratif mengancam kesehatan tubuh kita, perlu dilakukan berbagai upaya pencegahan, antara lain:

Stop Konsumsi Makanan Siap Saji

Sebab makanan siap saji tidak sehat karena memiliki nilai nutrisi rendah. Banyak mengandung lemak jenuh serta bermacam-macam bahan tambahan (additive) seperti monosodium giutamate dan tartrazine.

Perbanyak Makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, akan menguatkan daya tahan tubuh. Secara otomatis tubuh memiliki kekuatan untuk menolak berbagai penyakit.

Jangan Lupa Kedelai

Kedelai kaya asam lemak tidak jenuh, banyak mengandung isoflavon, karbohidrat kompleks, dan asam folat. secara fungsi, kandungan nutrisi kedelai akan menyehatkan tubuh dan memperpanjang usia.

Gaya Hidup sehat

Kunci kesehatan berada pada gaya hidup. Kebiasaan buruk akan membuat kesehatan jadi buruk pula.

Semoga artikel menarik dengan topik kesehatan ini dapat menjadi bahan pembelajaran untuk kita semua bahwasanya jika kita ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit maka kita harus mengubah pola hidup kita saat ini yang dirasa berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "Penyakit Degeneratif Dan Pencegahannya"
Pusat Obat Herbalsaid...
September 25, 2012 at 10:51 PM

Ya..penyakit ini memang harus lebih diperhatikan dan bnyak yang seringkali melupakan asupuan gizi...
Tips diatas merupakan Pencegahan yang efektif..
terimaskih infonya..


Post a Comment