Kandungan Nutrisi Kedelai dan Manfaatnya

Diposting Sunday, September 23, 2012 at 10:04. dalam topik Kesehatan

Kandungan Nutrisi Kedelai dan Manfaatnya - Bahan makanan dari kelompok biji-bijian ini diolah menjadi tempe dan tahu, yup.. kedelai. Di antara sekian banyak menu makanan sehat yang menjadi sumber protein nabati yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah adalah tempe dan tahu.

Meskipun beberapa saat yang lalu, harga keduanya sempat naik lantaran harga bahan asalnya yang melambung tinggi. Sebenarnya apa yang terkandung dalam biji kedelai? Mari kita simak artikel menarik berikut ini.

Selain bisa diolah menjadi tempe dan tahu yang dikreasikan menurut selera masing-masing, kedelai juga bisa diolah menjadi makanan ringan atau camilan. Kandiingari gizi makanan yang terbuat dari kedelai sangatlah baik bagi kesehatan karena memiliki sumber protein dan berserat tinggi.

Manfaat Kedelai

Tidak hanya itu. Kedelai kaya asam lemak tidak jenuh, mengandung isoflavon, karbohidrat komppleks, dan asam folat. Banyak penelitian membuktikan mengonsumsi kedelai dapat menyehatkan tubuh dan memperpanjang usia. Kedelai juga mengandung isoflavon yang berkhasiat memadatkan tulang agar menjadi tetap stabil hingga terhindar dari osteoporosis. Sekadar informasi, osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang sering diderita lanjut usia dan membuat orang tua menjadi tidak produktif.

Penelitian telah mengungkapkan ada hubungan signifikan antara konsumsi kedelai dan penurunan sejumlah penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, dan osteoporosis. Menurut Direktur Persatuan Dokter Gizi dan Klinis Indonesia (PDGKI), kedelai memunyai efek positif terhadap osteoporosis. Di lepang ada penelitian terhadap wanita pascamenopause. Hasilnya menjelaskan bahwa kedelai dapat meningkatkan densitas tulang. Kandungan genistein-nya dapat meningkatkan densitas tulang.

Kandungan Nutrisi Kedelai

Setiap penyajian kedelai dengan takaran 180 gram terkuak kandungan nutrisi kedelai yang begitu kompleks seperti yang tercantum pada tabel berikut ini.

nutrisi kedelai
kandungan kedelai

Makanan yang terbuat dari kedelai ini sedari dulu menjadi makanan favorit orang Indonesia. Makanan ini sudah rnenjadi makanan turun menurun. Bahkan, terkesan jadi makanan (lauk) yang wajib dalam setiap hidangan. Selain di Indonesia kedelai juga dikenal sebagai bahan makanan yang bergizi. Kacang-kacangan ini dikenal dengan nama yang beragam, seperti sojaboon (bahasa Belanda), soja, soja bohne (bahasa Jerman), soybean (bahasa Inggris), kedele (bahasa Indonesia sehari-hari, bahasa Jawa), kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (Sumatera bagian utara) dan gadelei.

Selain diolah menjadi tempe dan tahu kedelai juga dijadikan bahan dasar untuk berbagai jenis makanan, antara lain:
  • Bermacam-macam saus penyedap (salah satunya kecap, yang aslinya dibuat dari kedelai hitam),
  • Susu kedelai (baik bagi orang yang sensitif laktosa)
  • Tepung kedelai,
  • Minyak (dari sini dapat dibuat sabun, plastik, kosmetik, resin, tinta, krayon, pelarut, dan biodiesel.
  • Taosi
  • Tauco
  • makanan ringan
Demikian artikel kesehatan tentang Kandungan Nutrisi Kedelai dan Manfaatnya. Begitu banyak manfaat dan guna dari bahan makanan yang satu ini. Jika kita ingin menjalani hidup sehat maka penting bagi kita untuk memilah makanan apa saja yang kita konsumsi. Tidak hanya kedelai, banyak bahan makanan lain yang dapat dipilih. Seperti fakta kandungan semangka yang mendapatkan sertifikat sebagai makanan sehat untuk jantung. Sekian dan semoga menjadi manfaat.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi Kedelai dan Manfaatnya"

Post a Comment