Fakta Kandungan Nutrisi Semangka

Diposting Saturday, September 15, 2012 at 12:46. dalam topik Kesehatan

Fakta Kandungan Nutrisi Semangka | Kesehatan – Siapa yang tak kenal dengan buah semangka. Buah yang memiliki daging berwarna merah/kuning dengan rasa manis segar ini tidak hanya menyegarkan namun ternyata beberapa fakta mengungkapkan bahwa buah semangka memiliki beberapa kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi tubuh kita.

semangka

Apa saja fakta kandungan nutrisi semangka? Silahkan sobat baca artikel menarik dengan topik kesehatan ini.

Buah semangka atau tembikai adalah buah atau sayuran yang termasuk dalam golongan suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae dengan nama latin Citrullus lanatus. Semangka memiliki kadar likopen paling tinggi di antara buah dan sayuran segar. Semangka berwarna merah menggantikan tomat sebagai raja likopen. Likopen adalah pigmen merah karoten dan karotenoid pada buah-buah dan sayuran yang berwarna merah. Warna merah, yang juga ditemukan dalam aprikot, pada jeruk bali berwarna merah jambu, dan pepaya, adalah antioksidan penting. Antioksidan dapat mengurangi risiko kanker prostat, payudara, endometriosis, paru-paru, dan usus besar.

Menurut Archives of Biochemistry and Biophysics, 1989. Kemampuan likopen untuk menetralkan radikal bebas jauh lebih baik jika dibandingkan dengan betakaroten dan vitamin E. Buah Semangka juga punya efek seperti Viagra. Wow… Kandungan sitrulin-nya dapat memicu produksi sebuah unsur dalam tubuh yang membantu saluran pembuluh darah untuk rileks, yang efeknya sama seperti ketika seorang pria meminum obat tersebut. Berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh Texas A&M.
Semangka memiliki sifat diuretik dan merupakan perawatan homeopatik untuk penderita gagal ginjal, sebelum metode cuci darah berkembang. Semangka juga sumber potasium atau kalium, yang membantu fungsi otot dan saraf. Kalium dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan asma, aterosklerosis, diabetes, kanker usus besar, dan artritis.

Wah, cukup bermanfaat bukan, buah yang satu ini? Karena kandungan nutrisi pada semangka dan manfaatnya, buah ini mendapatkan sertifikat sebagai makanan sehat untuk jantung dari American Heart Association.

Selain fakta mengenai kandungan nutrisi pada buah semangka diatas, buah ini masih memiliki beberapa fakta kandungan nutrisi yang lain, yaitu:

1. Sebagai sumber vitamin C dan A
2. Semangka mengandung potasium dan magnesium
3. Mengandung sedikit dari keluarga vitamin B
4. Sedikit vitamin K dan asam pantotenat
5. Kandungan mineral dalam jumlah sedikit (tembaga, zat besi, mangan, selenium, dan zinc)
6. Lebih dari 6.888 mikrogram likopen
7. Nyaris bebas lemak
8. Bebas kolesterol, kafein dan alkohol, rendah garam
9. Menyuplai 2 persen kebutuhan serat per hari
10. Hanya mengandung 45 kalori dan hanya 0,02 gram lemak jenuh dalam sajian 1 mangkuk semangka yang diiris seukuran dadu. Wah, sehat dan segar…

261tmp

Tabel nilai nutrisi pada buah semangka (bagian bahan yang dapat dikonsumsi)

nutrisi semangka

Demikian artikel menarik tentang “Fakta Kandungan Nutrisi Semangka”. Silahkan membaca artikel lain dengan topik Kesehatan di blog ini. Sekian dan terima kasih telah mampir dan meluangkan waktunya untuk share di blog anomiemine.blogspot.com, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat pembaca.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Fakta Kandungan Nutrisi Semangka"

Post a Comment