Memahami Pengertian Artikel Dan Paragraf

Diposting Tuesday, September 25, 2012 at 19:06. dalam topik Pelajaran

Pada postingan materi pelajaran Bahasa Indonesia sebelumnya kita belajar tentang gagasan dan tanggapan dalam diskusi. Kali ini, saya akan berbagi materi bahasa indonesia smu yang menguraikan tentang memahami pengertian artikel dan paragraf.

Pengertian artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya (KBBI, 2005: 66 ). Dengan membaca intensif, Anda dapat memahami maksud artikel dengan tepat dan cepat.

artikel dan paragraf

Membaca intensif adalah kegiatan membaca dengan cermat yang bertujuan memperoleh pemahaman menyeluruh dan lengkap. Membaca intensif juga bertujuan untuk menentukan gagasan utama paragraf. Setiap artikel dibangun dari paragraf-paragraf. Jadi, untuk menentukan ide pokok artikel, pahami gagasan utama yang terdapat dalam tiap-tiap paragraf artikel, kemudian tentukan kata-kata kunci yang mewakili tiap-tiap paragraf. Kata-kata kunci tersebut berkaitan satu dengan lainnya sehingga dapat menggambarkan masalah atau isu utama dalam artikel.

Gagasan utama paragraf dalam artikel merupakan hal utama yang dimuat paragraf. Gagasan utama paragraf berupa pernyataan umum yang diikuti pernyataan khusus berupa kalimat-kalimat penjelas. Gagasan utama di awal paragraf disebut deduktif. Gagasan utama di akhir disebut induktif.  Gagasan utama di awal dan di akhir disebut deduktif-induktif atau campuran. Cermati contoh-contoh paragraf berikut.

Paragraf Deduktif

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi teninggi di Indonesia dengan ketinggian 3805 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut terietak di Provinsi Jambi, tepatnya di Desa Kresik Tuo, Kecamatan Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci. Jalur utama pendakian berada di Kresik Tuo. Di desa tersebut terdapat gerbang yang dihiasi monumen harimau Sumatra.

Kalimat yang dicetak miring adalah kalimat utama paragraf tersebut. jadi, ide pokok atau gagasan utama paragraf tersebut adalah deskripsi dan letak Gunung Kerinci

Paragraf Induktif

Keremangan senja berganti malam, udara dingin menusuk tulang. Setelah mendirikan tenda, kami pun beristirahat. Namun, mata ini tak dapat tertutup di keheningan malam.

Kalimat terakhir paragraf tersebut adalah kalimat utama. Jadi, ide pokok atau gagasan utama paragraf tersebut adalah tidak dapat tidur di keheningan malam.

Paragraf Campuran

Kabut menyelimuti puncak Kerinci tak kenal waktu, hanya sesekali saha kabut memudar, tetapi setelah menggelayut lagi mengitari puncak. Menjelang matahari terbit, kami melanjutkan perjalanan yang tertunda. Tanah lembab dengan akar-akar pohon mengitari jalur. Setelah melewati celah sempit, kami dapat melihat puncak nan angkuh, cahaya pagi menerangi kesemuanya. Namun, setelah itu kabut tebal menggumpal kembali menahan kami dalam keabadian pagi.

Kalimat pertama dan kalimat terakhir yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama, jadi, ide pokok atau gagasan utama paragraf tersebut adalah kabut tebal selalu menyelimuti Gunung Kerinci.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

2 Komentar untuk "Memahami Pengertian Artikel Dan Paragraf"
Anonymoussaid...
October 8, 2012 at 4:09 PM

thanks artikelnya sangat membantu aku ^^


adminsaid...
October 8, 2012 at 4:13 PM

makasih jg kunjungannya...


Post a Comment