Gagasan Dan Tanggapan Dalam Diskusi

Diposting Monday, September 24, 2012 at 15:38. dalam topik Pelajaran

Gagasan Dan Tanggapan Dalam Diskusi – Kali ini anomie akan nge-share sesuatu yang bermanfaat buat kamu yang masih duduk di bangku SMU atau sederajat. Yup, coba kalo pas kamu ngenet ga cuma main games atau bersosialita saja, tapi ada kalanya juga belajar secara online, :D

Banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari dunia maya, gak cuma belajar pake buku saja tapi belajar pake komputer secara online juga bisa. Materi pelajaran yang akan dishare adalah materi bahasa indonesia tentang gagasan dan tanggapan dalam diskusi.

diskusi

Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran antara dua orang atau lebih tentang satu masalah untuk mencapai tujuan tertentu. Langkah-langkah yang harus dicermati sebelum diskusi, pada saat diskusi, dan setelah diskusi adalah sebagai berikut.
1. Menentukan topik atau tema diskusi.
2. Menentukan moderator, notulis, dan pembicara dalam diskusi.
3. Menentukan tempat dan waktu.
4. Melaksanakan diskusi,
5. Menyusun laporan.

Diskusi yang diikuti oleh seorang moderator, dua sampai empat orang pembicara, dan diikuti oleh banyak peserta disebut diskusi panel. Moderator bertugas mengatur pelaksanaan diskusi yang sistematis dan terarah.

Setiap peserta tidak diperkenankan mengajukan pertanyaan, mengungkapkan gagasan, atau mengutarakan tanggapan sebelum meminta izin kepada moderator, Notulis bertugas mencatat kronologis kegiatan diskusi dengan lengkap dan jelas. Pembicara berperan memaparkan ide sesuai tema diskusi, Sementara itu, peserta cliskusi yang baik akan menyimak penjelasan pembicara serta mengungkapkan gagasan dan tanggapan terhadap pemaparan materi oleh pembicara.

Dalam suatu diskusi, Anda dapat merespons isi materi diskusi. Merespons berpadanan dengan menanggapi. Terespons isi pembicaraan berarti memberikan tanggapan terhadap pemaparan pembicara. Respons dapat diutarakan dengan tiga cara, yaitu 
1. Pertanyaan,
2. Saran, atau
3. Sanggahan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan respons, yaitu:

1. Mengungkapkan tanggapan dengan jelas dan tidak berteletele,
2. Gagasan dan tanggapan bersifat logis dengan disertai argumen, artinya gagasan yang diutarakan harus dapat diterima logika atau nalar serta tidak keluar dari materi diskusi,
3. Memperhatikan kesantunan berbahasa.

Gimana? Asyik bukan kalau bisa belajar secara online materi pelajaran bahasa indonesia tentang “Gagasan Dan Tanggapan Dalam Diskusi”. Jadi kalo besok kamu ada tugas kelompok di kelas untuk berdiskusi kamu sudah siap. Jangan lupa belajar materi yang lain di blog ini.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Gagasan Dan Tanggapan Dalam Diskusi"

Post a Comment