8 Tips Rahasia Agar CV Dilirik HRD

Diposting Thursday, October 4, 2012 at 12:01. dalam topik Lowongan Kerja

8 Tips Rahasia Agar CV Dilirik HRD – Saat ini persaingan dalam memperoleh suatu pekerjaan memang sudah semakin ketat. Karena semakin banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, pihak perusahaan kian memperketat seleksi rekruitmen mereka untuk mendapatkan tenaga kerja yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan. Untuk melakukan tugas ini, perusahaan menyerahkan pada HRD atau personalia.

HRD (Human Resource Department) adalah bagian khusus dari suatu perusahaan yang bertanggung jawab mencari tenaga kerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, mengatur/mengkoordinasi hak-hak karyawan dan juga menampung aspirasi karyawan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon tenaga kerja sebelum dia diterima sebagai karyawan. Biasanya tahapan awal yang harus dilalui adalah seleksi administrasi melalui surat lamaran kerja. Seorang pelamar kerja harus melampirkan semua persyaratan yang diminta pihak perusahaan seperti yang dicantumkan pada lowongan kerja.

Curriculum Vitae

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah melampirkan CV (Curriculum Vitae) yang juga disebut resume. CV merupakan sebuah dokemen yang berisi keterangan dan daftar riwayat hidup orang yang bersangkutan. Nah, lewat dokumen inilah HRD mencoba untuk mengenali Anda sebelum melihat kualifikasi lainnya. Bagaimana agar CV yang anda lampirkan di surat lamaran kerja mampu menarik hati seorang HRD. Berikut 8 tips rahasia agar CV Anda dilirik HRD.

1. Format CV menarik namun tetap profesional. Tampilkan keunikan dan keunggulan Anda.CV juga mesti merepresentasi kompetensi, pengalaman, dan gaya presentasi diri Anda.

2. Jangan terlalu banyak membuang halaman, CV sebaiknya singkat dan padat. Agar pihak HRD tidak bosan membacanya, panjang CV maksimal 2 halaman.

3. Cantumkan alamat profesional Anda, termasuk e-mail, untuk korespondensi.

4. Tuliskan jabatan yang dituju, sesuai kode yang mereka berikan, bila ada.

5. Dalam kualifikasi, beri penekanan pendidikan atau  pelatihan yang pernah Anda Ikuti. Cantumkan penugasan, proyek individu, proyek kelompok, presentasi, nilai, apa pun yang membuat Anda menonjol dan relevan dengan posisi yang diincar. Proporsi pencantuman antara tugas dan prestasi, perlu seimbang.

6. Cantumkan pengalaman kerja bermakna yang pernah
Anda jalani, baik secara profesional maupun sukarela, yang relevan.Termasuk kerja sukarela, penempatan saat Praktek Kerja Lapangan berkaitan dengan mata kuliah yang Anda ambil.

7. Jelaskan pula prestasi apa yang Anda raih. Misalkan kepemimpinan, time management, project managemen dan lainnya. Proporsi pencantuman tanggung jawab dan prestasi yang diraih, perlu seimbang.

8. Cantumkan nama pihak pemberi referensi yang bisa menambah kredibilitas Anda, bila ada. Bisa tokoh di bidang kreatif, mentor saat bekerja sebelumnya, dosen pembimbing, yang memiliki reputasi baik di bidang yang dilamar, dan mengenal Anda. Mintalah izin terlebih dulu pada pihak pemberi referensi, bahwa nama mereka Anda sertakan,dan kirim update CV terakhir Anda ke mereka, agar mereka slap memberi rekomendasi saat dihubungi pihak HRD.

Sebelum anda membuat dan menyusun CV sebaiknya sesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar. CV sebaiknya mampu menggambarkan bahwa kemampuan yang Anda miliki sama atau minimal mendekati kualifikasi tenaga kerja yang perusahaan butuhkan. Ada baiknya anda pahami dulu deskripsi dan spesifikasi pekerjaan yang Anda inginkan.

Demikianlah artikel tentang “8 Tips Rahasia Agar CV Dilirik HRD” yang semoga dapat menjadi acuan bermanfaat bagi Anda dalam menyusun CV yang efektif, menjual dan atraktif di tangan HRD. Jika saat ini Anda sedang membutuhkan lowongan kerja silahkan Anda simak lowongan kerja yang ada di blog ini.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "8 Tips Rahasia Agar CV Dilirik HRD"

Post a Comment