Mengenal dan Mengatasi Virus Vitro / Virut

Diposting Thursday, September 20, 2012 at 07:10. dalam topik Tips Komputer

Mengenal dan Mengatasi Virus Vitro / Virut - Virus Vitro atau yang lebih dikenal dengan nama Virut merupakan virus yang sudah cukup lama ada dan munculnya bersamaan dengan virus Alman dan Sality dan virus ini tergolong jenis virus yang paling bandel dan sulit dibersihkan, mengalahkan virus top lain seperti Sality ataupun Ramnit. Bagaimana karakteristik Virus Vitro dan cara mengatasinya? Simak tips mengenai komputer berikut ini.

Virus Vitro

Mengenal Virus Vitro / Virut

Apabila komputer sobat terinfeksi virus ini masalah terbesar yang dihadapi adalah ia akan menginfeksi file sistem Windows seperti "winlogon.exe", "userinit.exe". dan "explorer.exe", selain itu Virut juga akan melakukan enkripsi yang akan mengakibatkan file sistem yang ada pada OS komputer sobat korup setelah dibersihkan. Satu-satunya cara untuk memperbaiki file tersebut adalah
dengan menimpa file yang korup dari komputer lain atau merepair OS sobat dengan instal ulang.

Karakteristik Virut:

- Komputer yang sudah terinfeksi oleh Virut, semua file dengn ekstensi *.exe, termasuk file dalam sistem komputer, baik yang sedang berjalan maupun yang tidak digunakan, Virus ini dapat menginfeksi semua drive yang ada pada komputer, baik file yang ada di drive system [C:\] maupun drive lain (D:\. E:\, F:\, dan seterusnya).

- Waspada jika sobat mencolokkan flash disk atau hard disk eksternal di komputer yang sudah terinfeksi Virut, karena file *.exe yang ada pada flash disk sobat pun akan terinfeksi walaupun file itu sudah dilindungi folder yang ditulis dengan huruf ASCII.

- Ketika sebuah aplikasi jaringan dipakai secara bersama dan menggunakan access right "full control". Maka file aplikasi tersebut dan semua aplikasi dalam folder yang di-share akan terus diinjeksi oleh komputer yang terinfeksi Virut. Kemudian jika aplikasi tersebut dijalankan, akan mengakibatkan komputer lainnya di jaringan terinfeksi juga oleh Virut.

Cara Mengatasi Virus Vitro

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan apabila komputer sobat terinfeks Virut.

Cara mengatasi file yang rusak/ korup adalah dengan menyalin file yang rusak dari komputer lain yang sehat ke lokasi "system32" komputer yang file-nya rusak dengan menggunakan mini PE atau melepas hard disk file yang terinfeksi dan jadikan slave untuk dikopi.

Untuk membersihkan virus dan kemudian membuat proteksi dari Virut, langkah yang dapat dilakukan antara lain:

- Lakukan scan semua drive, termasuk flash disk dan hard disk eksternal antivirus yang tepat. Yang disarankan adalah tool gratis dengan nama Dr.Web Curelt!. Scanning dilakukan dalam kondisi save mode (lebih bagus lagi jika menggunakan mini PE). Download Dr.Web Curelt! Dr.Web Curelt! merupakan salah satu tool terbaik untuk membersihkan Virut. Dalam banyak kasus, ia mampu membersihkan Virut tanpa merusak file sistem. Tapi untuk varian tertentu yang ganas, kamu tetap harus melakukan kopi file sistem yang rusak. Tiga file utama yang harus kamu persiapkan dan menjadi sasaran Virut untuk diinfeksi adalah "winlogon.exe". "userinit.exe", dan "explorer.exe". Yang selalu diingat adalah untuk mengkopi file hanya dari sistem yang sama antar sesama OS Windows yang sama.

- Setelah bersih, instal antivirus yang mempunyai respons cepat dan mampu melindungi sistem kamu dari injeksi Virut seperti G Data Antivirus. Kamu bisa mengunduhnya disini (341MB).

Demikianlah artikel menarik tentang Mengenal dan Mengatasi Virus Vitro / Virut. Jangan lupa membaca artikel lain dengan topik Tips Komputer di blog ini. Sekian dan terima kasih telah mampir dan meluangkan waktunya untuk share ke blog anomiemine.blogspot. Semoga dapat berkenan dan bermanfaat bagi pembaca.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

3 Komentar untuk "Mengenal dan Mengatasi Virus Vitro / Virut"
Anonymoussaid...
September 28, 2012 at 1:02 PM

Coba pake SALITY KILLER. biarpun lebih cocok buat sality, bisa juga bwt vitro.


adminsaid...
September 29, 2012 at 6:03 AM

Makasih infonya gan..


daily blogger templatessaid...
October 17, 2012 at 10:05 PM

saya sih biasa pke avast, tp boleh jg dicoba pke yg ini..thanks


Post a Comment