Beragam Zat Gizi Yang Dibutuhkan Mata

Diposting Sunday, September 16, 2012 at 06:05. dalam topik Kesehatan

Beragam Zat Gizi Yang Dibutuhkan Mata | Kesehatan – Mata adalah karunia Sang Pencipta yang sangat berarti bagi kehidupan kita, karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan mata. Tidak hanya wortel, mata kita juga membutuhkan beragam zat gizi lainnya.

gizi mata Jika kita hanya mengkonsumsi wortel untuk menyehatkan mata, itu kuno. Karena jika kita mengidamkan mata yang indah dan bercahaya, terhindar dari penyakit mata, dan menunda pemakaian kacamata di kemudian hari, kita juga harus mengkonsumsi beragam buah serta sayuran. Bukan cuma yang berwarna jingga, tetapi juga merah, kuning atau hijau. Tidak cukup hanya dengan vitamin A karena mata kita perlu bermacam-macam zat gizi.
Gangguan kesehatan mata yang dapat menyebabkan kebutaan pada anak, banyak terjadi di negara berkembarg. Sebenarnya hal ini sangat bisa dicegahn dengan pemenuhan gizi yang balk. Sejumlah studi memperlihatkan suplementasi menunjukkan manfaat, tetapi para ahli lebih menyarankan kita rnendapatkan gizi dari makanan yang kita makan sehari-hari.
Jadi jika kita menginginkan mata kita selalu sehat tidak harus mengkonsumsi suplemen, kita dapat menjaga kesehatan mata kita dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi. Beragam zat gizi yang dibutuhkan mata kita antara lain:

Lutein dan Zeaksantin
 
    Penelitian menunjukkan kedua jenis antioksidan yang masuk golongan karotenoid ini mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk katarak dan AMD (age-related macular degeneration). Tak heran jika belakangan lutein dan zeaksantin makin populer sebagai nutrisi penyehat mata.
    Sumber lutein antara lain cabai atau paprika kuning, mangga, bayam, brokoli, sawi). Sementara, Zeaksantin dapat diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, lettuce, bayam, buah asam, jeruk, dan telur.

    Vitamin C

    Vitamin ini dapat menurunkan resiko terjadinya katarak dan memperlambat perkembangan AMD serta hilangnya ketajaman visual. Vitamin ini banyak terdapat dalam jambu biji, jeruk, bayam, pisang, apel, tomat, pepaya, nenas, brokoli, stroberi, paprika, kiwi, dan blewah.

    Vitamin E

    Dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain almon, kacang tanah, ubi jalar, bayam, sawi, pepaya, asparagus, paprika.

    Asam Lemak Esensial

    Membantu memelihara sistem saraf, memberi energi bagi sel-sel dan meningkatkan sistem imun. Omega-3 penting untuk perkembangan visual yang baik dan fungsi retina.
    Sumber omega-3 misalnya ikan salmon, tuna, kakap, makarel, bilis, sardin, tiram, kedelai dan tahu.

    Zinc

    Tras mineral ini disebut juga molekul penolong. Berperan penting dalam mengangkut vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung di mata. Zinc terkonsentrasi tinggi di mata, terutama retina dan koroid, lapisan jaringan pembuluh darah yang ada di bawah retina.
    Sumbernya seperti daging sapi, lobster, Licking, telur, salmon, susu, yoghurt, biji wijen, biji labu dan oat.

    Sulfur

    Sulfur dapat menjaga lensa mata tetap kuat. Bisa diperoleh dari bawang putih dan sayuran keluarga kol.

    Ternyata tidak hanya vitamin A yang terkandung dalam wortel saja yang dibutuhkan oleh mata kita, Sob. So pasti jika ingin mata kita selalu terjaga kesehatannya, konsumsi makanan yang bergizi.

    Demikian artikel menarik tentang “Beragam Zat Gizi Yang Dibutuhkan Mata”. Silahkan membaca artikel lain dengan topik Kesehatan di blog ini. Sekian dan terima kasih telah mampir dan meluangkan waktunya untuk share di blog anomiemine.blogspot.com, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat pembaca.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "Beragam Zat Gizi Yang Dibutuhkan Mata"
dimdroidsaid...
November 26, 2012 at 2:01 PM

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)


Post a Comment