Mengatasi Virus Komputer Tanpa Instal AntiVirus

Diposting Friday, August 10, 2012 at 07:51. dalam topik Tips Komputer

Mengatasi Virus Komputer Tanpa Instal AntiVirus | Tips Komputer – Jika komputer sobat terkena virus memang cukup membuat frustasi, kerja komputer terasa lambat, sering hang, crash report, data penting hilang atau rusak dan bahkan sistem operasi windows yang sama sekali tidak bisa Sobat gunakan.

Virus komputer semacam trojan, worm, backdoor, dll memang sudah ada beberapa penangkalnya. Untuk mengatasi ancaman virus-virus komputer tersebut kita biasa menginstal Antivirus, baik proteksi di komputer kita sendiri maupun melakukan proteksi media penyimpanan external seperti membuat antivirus dalam flashdisk.

antivirus komputer

AntiVirus komputer terdapat dalam versi full dan free. Jika Sobat mampu membeli licensi antivirus tersebut untuk memperoleh full versi tidak akan jadi masalah. Bagi yang hanya bisa mencicipi versi gratisan, cukup lumayan tapi pastilah ada kekurangannya. Kira-kira bisa gak ya mengatasi virus komputer tanpa kita harus menginstal antivirus? Jawabannya, Sobat bisa coba sendiri tips-tips berikut dalam mengatasi virus tanpa antivirus.

1. Mengatasi Virus dengan cara mematikan System Restore.

System Restore pada Windows digunakan untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

system restore

2. Mengatasi Virus dengan cara mematikan proses virus komputer.

Bagaimanapun caranya, matikan proses virus komputer. Biasanya proses virus komputer mempunyai ikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya.

virus proses

3. Mengatasi Virus dengan cara memulihkan registry.

Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus komputer. Jika tidak, maka virus komputer dapat menginfeksi komputer Sobat kembali. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus komputer jika ada.

4. Mengatasi Virus dengan cara menghapus file-file virus komputer.

Gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus komputer.

5. Mengatasi Virus dengan cara memunculkan file-file yang disembunyikan virus komputer.

Virus komputer pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h \ pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

cmd unhidden

6. Saran terakhir untuk pencegahan.

Berhati-hatilah saat melakukan transfer data baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan. Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, Sobat harus waspada dengan file-file yang menggunakan nama yang menggoda untuk dijalankan.

Virus komputer, dan juga file-file lain, ternyata juga mempunyai sidik jari. Namanya adalah CRC32 (Cyclic Redudancy Check). Nilai checksum untuk CRC ini unik untuk setiap file. Dengan demikian kita dapat  mengenali pakah sebuah file merupakan virus komputer atau bukan melalui CRC ini.

Demikianlah artikel tentang Mengatasi Virus Komputer Tanpa Instal AntiVirus. Jangan lupa membaca artikel lain dengan topik Tips Komputer di blog ini. Sekian dan terima kasih telah mampir dan meluangkan waktunya untuk share ke blog anomiemine.blogspot. Semoga berkenan dan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Berbagi Artikel ini :

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Mengatasi Virus Komputer Tanpa Instal AntiVirus"

Post a Comment