Cara Aman Bergaul di Chat Room

Diposting Friday, August 10, 2012 at 06:04. dalam topik Internet

Cara Aman Bergaul dalam Chat Room | Internet – Kini semakin banyak saja orang yang melakukan aktivitas sosial mereka lewat internet. Ada yang bertukar informasi di forum, berbagi status di situs jejaring sosial, bertegur sapa dengan video chat dan hal lain yang tak kalah asyik dilakukan adalah bergaul dan bersenda gurau di Chat Room.

chat room

Chat Room adalah tempat di dunia maya dimana pengguna Internet berinteraksi dengan orang lain dengan cara berkirim pesan yang diketik. Banyak situs di internet yang menyediakan fasilitas chat room seperti IRC, IM, eBuddy, Yahoo! Messenger, Google Talk dan yang populer melalui Facebook Chat.

chat room Meskipun para pengguna chat room ini tidak bergaul dan bertatap muka langsung, fasilitas internet ini dapat dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk melakukan tidak kejahatan yang berujung penipuan dan kekerasan. Untuk itu perlu sobat ambil langkah-langkah dibawah ini sebagai Cara Aman Bergaul di Chat Room baik itu melalui komputer atau mobile maupun handphone.

Cara Aman Bergaul 1
Selalu ingat bahwa apapun yang Sobat katakan di Chat Room selalu Realtime atau tidak akan bisa di-hapus setelah di-posting. Jadi sebelum Sobat posting kata-katamu, Sobat harus pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin dibicarakan.

Cara Aman Bergaul 2
Jangan membeberkan informasi pribadi atau personal kepada orang yang tidak dikenal. Seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, atau data pribadi lainnya.

Cara Aman Bergaul 3
Jika ingin ketemuan langsung dengan orang yang dikenal lewat Chat Room, ajaklah saudaramu atau orang yang lebih dewasa. Jangan terlena oleh foto profil di Chat Room tersebut. Serta bertemunya di tempat yang umum.

Cara Aman Bergaul 4
Jangan sebarkan kegiatan sehari-hari Sobat. Seperti ingin pergi ke suatu tempat atau aktivitas pribadi lainnya.

Cara Aman Bergaul 5
Pakailah Nickname (Nama panggilan/ Inisial) dan bukan nama asli sobat.  Selalu ingat bahwa Internet itu terkenal dengan yang namanya anonymous.

Cara Aman Bergaul 6
Jika ada seseorang yang kelihatannya menakutkan di Chat Room, sebaiknya langsung blokir atau jangan meresponnya.

Cara Aman Bergaul 7
Hindarilah chat room yang membahas tentang seks. Karena akan membahayakan Sobat, terutama yang di bawah umur dan kaum perempuan. Sebab forum seperti itu sering kali menjadi sarang predator sex atau pedofilia.

Cara Aman Bergaul 8
Untuk keamanan ID pengguna yang sobat pakai di situs yang menyediakan fasilitas chat, Sobat bisa gunakan tips membuat password anti hack agar ID pengguna sobat tidak tercuri dan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah artikel tentang Cara Aman Bergaul dalam Chat Room. Jangan lupa membaca artikel lain dengan topik Internet di blog ini. Sekian dan terima kasih telah mampir dan meluangkan waktunya untuk share di blog anomiemine.blogspot. Semoga berkenan dan daoat bermanfaat bagi Sobat pembaca.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "Cara Aman Bergaul di Chat Room"
Nurkussaid...
August 10, 2012 at 8:17 AMThis comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment